Survei Titik Lokasi Stasiun LEWS/EWAS

Rabu 8-9 November 2023, telah dilaksanakan survei ke 4 titik lokasi tempat pemasangan stasiun pemantau longsor/banjir (LEWS) dan gempa bumi (EWAS) oleh tim peneliti SIGANA dari FMIPA UI dan Kepala Bidang Pencehagan BPBD Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Ketua Tim Peneliti SIGANA, Supriyanto, bersama Kasie Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sumedang mendatangi sejumlah titik lokasi yang direncanakan akan dipasang peralatan mitigasi bencana banjir/longsor di Kabupaten Sumedang.

Rencana pemasangan di wilayah Kabupaten Sumedang tersebar di 10 titik yang mempunyai kerawanan bencana banjir. Dari 10 titik, terdapat 4 titik sudah dilakukan survei bersama ke lokasi sebagai berikut :

  1. Jembatan Jamban Dusun Jamban Desa Girimukti
  2. Jembatan Gawiru Dusun Gawiru Desa Girimukti tujuan untuk mengantisipasi banjir di Dusun Cibitung, Dusun Pangjeleran Desa Padasuka, Kecamatan Sumedang Utara.
  3. Jembatan Cikuda Dusun Cikuda Desa Hegarmanah untuk memantau tinggi muka air sungai Cikeruh yang bermanfaat untuk memberikan informasi di wilayah Desa Hegarmanah, Desa Sayang, Desa Cikeruh dan Desa Mekargalih Kecamatan Jatinangor.
  4. Jembatan Sungai Cimande di Desa Sindanggalih yang bermanfaat untuk memberikan informasi di wilayah Desa Cihanjuang, Desa Sindangpakuwon dan Desa Sukadana Kecamatan Cimanggung.

Galeri Foto Kegiatan

Video Kegiatan