Geosains UI Juara Pemetaan Geologi di UNSOED

Perwakilan Geosains UI mengikuti kompetisi pemetaan potensi bahan galian tambang yang diadakan oleh Teknik Geologi Universitas Jenderal Soedirman.

Pada tanggal 11 Juli 2023, tiga mahasiswa Departemen Geosains Prodi Geologi meraih juara dua pada kompetesi pemetaan geologi yang bertajuk “Peta Bumi Unsoed 2023: Geology Open Challenge”. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 4-10 Agustus 2023 di area Fakultas Teknik Universitas Jendral Soedirman dan Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah.

Peta Bumi Unsoed 2023: Geology Open Challenge” merupakan kompetisi yang terdiri dari 2 bagian, yaitu Main Event dan Side Event. Main event berupa lomba pemetaan geologi dengan ukuran kavling 4 x 3 kilometer persegi dengan fokus memetakan potensi bahan galian tambang. Sementara itu, side event berupa lomba sketsa singkapan daerah pemetaan.

Dalam lomba ini, Tim Smithsonite (UI) yang dibimbing oleh dosen dan alumni Prodi Geologi UI, antara lain Dr. Reza Syahputra, S.T., M.Si., Twin Hosea, S.T., M.T., Ir. Mustoto, M.T., Gamma Abdul Jabbar, S.T., M.Sc., dan Muhammad Naufal, S.Si. berhasil meraih peringkat umum kedua. Adapun peringkat pertama diraih oleh tim tuan rumah. Tim UI terdiri atas Mochamad Ikral Pamungkas (Geologi 2021), Romy Gabriel (Geologi 2021), dan Syahla Alifa Nurfuadi (Geologi 2021). Terdapat 7 tim yang mengikuti kompetisi ini, meliputi Universitas Indonesia (1 tim), Universitas Gadjah Mada (2 tim), Universitas Jenderal Soedirman (1 tim), Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (2 tim), dan Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (1 tim).

Lomba dilaksanakan selama 5 hari dengan rincian 3 hari pemetaan lapangan, 1 hari olah data, dan 1 hari sidang. Tim UI berhasil membuat perencanaan dan pemetaan lapangan tepat waktu. Selain itu, tim UI sukses untuk menganalisis data lapangan serta data laboratorium (analisis petrografi & XRF). Data lapangan dan laboratorium berhasil disajikan melalui peta lintasan geologi, peta geomorfologi, kolom stratigrafi, peta geologi, analisis data struktur geologi, penampang geologi & geomorfologi, sejarah geologi, dan peta persebaran potensi batuan sebagai bahan galian industri.

Menariknya, hasil penelitian dan pemetaan diserahkan kepada pihak terkait untuk pengembangan pertambangan yang akan memberdayakan dan menguntungkan masyarakat sekitar.