Sosialisasi Rencana Kajian Hidrogeologi di Kec. Ciambar, Sukabumi

Pengabdian masyarakat oleh civitas Departemen Geosains di Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi

Pada hari Rabu, 21 September 2022, Hj. Rini Z Zakroh selaku Camat Ciambar menerima kunjungan dari FMIPA Universitas Indonesia dalam rangka rencana penelitian hidrogeologi di wilayah Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Bentuk kegiatan berupa survei lapangan yang akan dilaksanakan di 4 desa. Survei meliputi: pemetaan lithologi, pemetaan mata air, analisis porositas dan petrografi. Hasil survei dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai acuan untuk melakukan pengeboran air tanah.

Dalam kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Supriyanto (Ketua Program Studi Geologi dan Geofisika), Budhy Kurniawan (staf dosen), Camat Ciambar, Sekretaris Camat Ciambar berserta para Kasi dan sejumlah kepala desa. Terdapat 4 desa yang akan disurvei yaitu Desa Ciambar, Desa Wangunjaya, Desa Munjul dan Desa Ambarjaya.

Informasi awal yang diterima oleh tim UI adalah adanya sejumlah desa yang kesulitan mendapatkan air tanah. Kedalaman sumur air di lokasi-lokasi tersebut berkisar antara 75 meter hingga 150 meter dari permukaan tanah. Oleh karenanya kedalaman muka air tanah (akuifer) perlu dipetakan melalui studi hidrogeologi yang akan dikombinasikan dengan metode geolistrik.

Hj. Rini (Camat Ciambar) menyampaikan terima kasih atas kepedulian Universitas Indonesia dalam membantu para warga di desa-desa tersebut untuk mendapatkan air. Supriyanto menegaskan bahwa penelitian ini akan dijadikan 3 buah skripsi dengan melibatkan 3 orang mahasiswa. Achmad Faza, salah satu mahasiswa yang akan mengambil skripsi di Ciambar, turut memaparkan rencana penelitian skripsinya di forum tersebut. Para kepala desa sangat antusias saat sessi diskusi dan akan siap membantu para mahasiswa yang akan melakukan survei di desanya.