Pengambilan Data Untuk Kuliah Virtual Metode Pemetaan Geologi

Pada tanggal 24 hingga 28 Mei 2021, sekelompok dosen dan asisten dari Program Studi Geologi FMIPA UI melakukan pengambilan data lapangan di Kawasan Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah. Kegiatan lapangan ini dilakukan untuk mendapatkan data virtual yang akan digunakan mahasiswa pada mata kuliah Metode Pemetaan Geologi (MPG).

Mata Kuliah MPG merupakan mata kuliah wajib untuk para mahasiswa geologi di semester 4. Dalam mata kuliah ini para mahasiswa akan diajarkan teknik yang dibutuhkan dalam pemetaan geologi.

Idealnya, dalam pelaksanaannya mahasiswa melakukan kegiatan lapangan secara langsung. Namun adanya pandemi covid-19 membuat kegiatan lapangan oleh mahasiswa tidak mungkin untuk dilaksanakan.

Oleh karenanya Geologi UI memutuskan untuk melaksanakan rangkaian kegiatan MPG ini secara virtual. Kegiatan lapangan yang semula dilakukan mahasiswa dengan berkunjung secara langsung, diganti dengan mengamati lapangan secara virtual. Dalam skema virtual ini mahasiswa akan diberikan model 3D, foto 360, foto singkapan, foto kondisi lapangan dan sampel.

Singkapan batuan di Karangsambung

Model 3D digunakan untuk mendapatkan tampilan objek geologi dari berbagai sudut pandang. Pembuatan model ini dikembangkan dengan mengekstraksi foto 2 dimensi untuk menjadi model 3D. Pengambilan gambar untuk model 3D ini menggunakan kamera dan juga drone.

Kegiatan pengambilan foto 360 dilakukan dengan menggunakan kamera aksi 360. Dengan adanya foto 360 ini, mahasiswa dapat melihat kondisi sekeliling dari objek geologi yang sedang diamati.

Selain itu, dilakukan juga pengambilan sampel batuan dari setiap titik yang diamati. Sampel ini kemudian didistribusikan kepada setiap peserta mata kuliah ini. Sebelummnya, sampel dipecahkan atau dipotong hingga berdimensi sekitar 3×3 cm. Hal ini bertujuan agar para mahasiswa tetap merasakan bagaimana mengobservasi dan mendeskripsikan batuan yang mereka temukan di lapangan.

Setelah pengambilan data selesai dilakukan, tim juga mengadakan fieldtrip ke wilayah Karang Bolong di selatan Kebumen. Lokasi ini akan digunakan untuk materi kuliah di masa yang akan datang. Sesi ini diadakan dengan dipandu oleh tim dari Balai Informasi dan Konservasi Kebumian (BIKK) LIPI.

Setelah selesai mengambil data yang dibutuhkan, tim akan melakukan pengolahan data lebih lanjut agar data dapat digunakan mahasiswa untk melaukan kuliah secara virtual.