Tim Geosains UI menjuarai SOBAT Competition

Civitas Geosains FMIPA UI kembali menorehkan prestasi dalam ajang kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh PT. United Tractors.

SOBAT Competition 2022 ini adalah kompetisi untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan vokasi dan menciptakan generasi muda berkualitas yang siap memasuki dunia kerja dan dunia industri. Kompetisi ini dibagi dalam dua kategori seperti kategori Universitas/Politeknik dan SMK/SMA. Pada jenjang Universitas / Politeknik terdapat 60 inovasi umum yang dikirimkan dari berbagai Universitas dan Politeknik di Indonesia. Pada jenjang SMK / SMA terdapat 287 inovasi umum yang dikirimkan dari berbagai SMK/SMA di Indonesia.

Tim Universitas Indonesia yang terdiri dari Adnan Hasyim Wibowo (Geofisika 2021) dan Ruth Emmanuella (Geofisika 2020) berhasil menjadi juara pertama dalam ajang lomba tahunan SOBAT Competition yang diselenggarakan oleh PT United Tractors. Gelaran SOBAT Competition 2022 ini semakin spesial karena bersamaan dengan perayaan HUT PT United Tractors yang ke-50 tahun.

“Wah ga nyangka banget, ini kali pertama ikut SOBAT Competition” ujar Ruth, banyaknya peserta dan inovasi yang ikut berpartisipasi pada gelaran lomba tahun ini membuat Tim Universitas Indonesia semakin semangat untuk memberikan ide dan inovasi yang terbaik.

Menurut Tim Universitas Indonesia, gelaran lomba ini cukup spesial karena Tim Universitas Indonesia turut diundang untuk hadir dalam pameran prototype hasil inovasi dan berkesempatan untuk mengenalkan prototype dan ide inovasi tersebut kepada para pengunjung pameran, ditambah lagi jajaran Direksi PT United Tractors yang turut mengunjungi booth pameran semakin menambah semangat tim.

Ide inovasi yang dibawakan oleh Tim Universitas Indonesia memiliki fokus pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) daerah—dalam hal ini minihydro—dan kemudahan pengoperasian serta perawatan alat agar mudah diterima masyarakat. Ide ini diwujudkan dalam prototype yang disebut PARCIS. PARCIS sendiri merupakan singkatan dari Portable Archimedes Screw Turbine, sebuah turbine air portable yang dapat ditempatkan pada sungai kecil serta selokan dengan debit air minimum.

Selama berjalannya pameran dan gelaran acara SOBAT Competition, Tim Universitas Indonesia mendapatkan banyak dukungan dan masukan yang sangat berarti bagi pengembangan PARCIS selanjutnya agar bisa benar-benar terwujud dan membantu masyarakat khususnya daerah 3T untuk memperoleh listrik.

Baik Adnan dan Ruth menyampaikan pesan kepada para mahasiswa dan generasi muda lainnya untuk terus berani berinovasi dan peka terhadap isu sosial maupun lingkungan di Indonesia. “Karena kalau bukan kita, lantas siapa lagi?” Ujar mereka.