Kuliah Lapangan Investigasi Geofisika Mempraktekkan Sejumlah Metode Geofisika

Mahasiswa Geofisika UI melaksanakan kuliah lapangan Investigasi Geofisika 24 – 30 September 2022 di Bayat, Klaten, Jawa Tengah

Kawasan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah merupakan daerah yang memiliki fenomena geologi yang unik dan kompleks sehingga sangat menantang untuk dijadikan obyek investigasi menggunakan berbagai geofisika. Terdapat beberapa obyek geologi di Bayat seperti litologi batuan yang bervariasi mulai dari batuan sedimen, beku dan metamorf. Kontak antar litologi dan struktur patahan geologi bahkan alterasi batuan dapat ditemukan di lokasi ini. Objek geologi tersebut dapat diidentifikasi menggunakan metode geofisika antara lain metode gravitasi, seismik, elektromagnetik, geomagnetik, dan geolistrik.

Lokasi Bayat telah dipilih untuk kedua kalinya sebagai lokasi kuliah lapangan. Mata kuliah Investigasi Geofisika (4 SKS) di Program Studi S1 Geofisika FMIPA UI merupakan salah satu kuliah lapangan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa jenjang sarjana melakukan akuisisi data geofisika untuk mendapatkan fitur-fitur geologi yang berada di bawah pemukaan tanah. Selain itu, kuliah lapangan di Bayat ini diharapkan mampu melatih kerjasama antar mahasiswa baik dalam persiapan akuisi, saat akuisisi, maupun keselamatan para anggota regu survei.

Sebanyak 76 mahasiswa telah mengikuti rangkaian kegiatan survei geofisika dari tgl 26 – 29 September 2022 yang terbagi dalam 4 regu, dimana masing-masing regu terdiri atas 19 mahasiswa. Dalam sehari, setiap regu mempraktekan pengambilan data geofisika dengan menggunakan satu alat. Para mahasiswa berangkat ke lokasi survei mulai pukul 07.00 WIB dan kembali ke basecamp pukul 15.00 WIB. Jarak antara basecamp dan lokasi survei kurang lebih 3 km, ditempuh dengan berjalan kaki.