Nauvaldi, Meneliti Tanah Longsor Bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk

Di kesempatan kali ini kita akan berbincang-bincang dengan Nauvaldi Arfan, salah satu mahasiswa Departemen Geosains angkatan 2017. Nauvaldi, atau yang biasa dipanggil Aldi, baru saja menyelesaikan skripsinya di daerah Sumedang, Jawa Barat dengan salah satu perusahaan BUMN. Simak wawancaranya di bawah ini.

Foto udara dari bidang longsor yang menyerupai tapal kuda
Lokasi longsoran yang menjadi obyek penelitian

F: Felix M. H. Sihombing (pewawancara) 

A: Aldi / Nauvaldi Arfan (narasumber) 

 

F: Aldi, boleh perkenalkan nama, angkatan, dan domisili kamu? 

A: Nama saya Nauvaldi Arfan atau biasa disapa Aldi. Saya mahasiswa Geologi UI Angkatan 2017 dan saya domisili Jakarta 

F: Bagaimana perasaannya setelah baru saja menyelesaikan sidang skripsi? 

A: Alhamdulillah sangat lega rasanya dan cukup senang karena mendapatkan respons yang sangat positif dari penguji hehehe. 

F: Baguslah kalau begitu. Bisa jelaskan tidak tentang judul dari skripsi kamu? 

A: Skripsi saya berjudul “Geologi Teknik dan Identifikasi Penyebab Longsor Pada Sisi Kiri Lereng Jalan Bebas Hambatan Cisumdawu Fase II STA 20+575, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat”. Untuk daerah sendiri lokasinya ada di Kabupaten Sumedang, tepatnya di Kecamatan Sumedang Utara. 

Skripsi saya dilakukan di Proyek Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Cisumdawu Fase II dengan kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. 

F: Jadi apa yang diteliti pada skripsi tersebut? 

A: Secara sederhana, skripsi saya memiliki topik geologi teknik dengan obyek yang diteliti berupa longsor. Kegiatan skripsi saya dilakukan untuk mengetahui kondisi geologi teknik permukaan di sekitar lereng longsor serta identifikasi penyebab longsornya. Kemudian pada tahap akhir akan diberikan solusi untuk menangani longsoran pada lereng di daerah penelitian. 

F: Ada longsoran di daerah penelitian? Bisa coba dijelaskan lebih lanjut? 

A: Betul. Daerah penelitian merupakan konstruksi jalan bebas hambatan, di mana terdapat longsoran di lereng sisi barat, sekitar STA 20. Karakteristik longsoran sendiri berjenis slides dengan pola gerakan rotasional. Kebanyakan orang lebih mengenalnya dengan longsoran tapal kuda. Diduga penyebab utamanya adalah infiltrasi air.

F: Menarik ya. Apakah skripsi ini murni kegiatan lapangan, atau ada kegiatan laboratorium dan komputasi juga? 

A: Kebetulan tiga-tiganya ada pak. Pada tahap awal dilakukan survei lapangan berupa pemetaan geologi teknik. Setelah itu dilanjutkan dengan uji lab di laboratorium mekanika tanah dasar, yang dilakukan berkolaborasi dengan Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran. Sesudah itu dilanjutkan komputasi untuk analisis kestabilan lereng.

Kegiatan analisis laboratorium, yang dilaksanakan di Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran
Proses sieving di laboratorium
Salah satu luaran dari pemodelan di komputer
Arah pergerakan longsoran yang dimodelkan oleh Aldi beserta rekomendasi yang diberikan Aldi kepada perusahaan
Aldi (Baju hitam) besama dengan tim PT Wijaya Karya (Persero)
Aldi (Baju hitam, paling kiri) saat menjadi juara di kompetisi Geosmart
Nauvaldi sehabis dinyatakan lulus sidang skripsi

F: Kira-kira apa manfaat skripsi kamu bagi perusahaan? 

A: Mungkin ada beberapa hal yang dapat bermanfaat. Misalnya seperti informasi tentang kondisi geologi tekniknya, meliputi jenis batuan dan korelasi stratigrafi. Kemudian hasil desain perkuatan lereng saya juga dapat dijadikan rekomendasi atau saran untuk perusahaan.

Kebetulan pada saat itu PT Wijaya Karya (Persero) Tbk menggunakan jasa konsultan geoteknik untuk desain perkuatan lereng. Akan tetapi pihak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk belum melakukan analisis desain perkuatannya, sehingga tidak ada data pembanding. Karena itulah saya ditugaskan untuk melakukan desain pembanding untuk disandingkan dengan hasil yang sudah dikerjakan pihak konsultan. 

F: Bisa ceritakan suka dan duka selama mengerjakan skripsi ini? 

A: Untuk sukanya, di setiap tempat yang saya kunjungi di Sumedang dan Jatinangor orang-orangnya sangat ramah dan terbuka. Hal ini membuat saya tidak merasa asing. Selain itu, di PT Wijaya Karya (Persero) Tbk banyak acaranya dan terkadang anak magang/skripsi diajak untuk ikut. Dijamin ga bakal cepat bosan deh. 

Sementara untuk dukanya sepertinya tidak ada. Mungkin lebih ke situasi pandemi ini kali ya, jadi harus benar-benar menjaga kesehatan di daerah mana pun yang dikunjungi. Kadang suka khawatir ada penyekatan juga karena adanya pandemi ini.

F: Ada pesan untuk mahasiswa yang akan mencari topik skripsi? 

A: Mungkin pesan dari saya pribadi untuk mahasiswa yang akan mencari topik skripsi, coba mulai baca materi-materi yang membuat kalian penasaran. Biasanya dari penasaran akan muncul sebuah ide yang dapat dijadikan judul dari penelitian. 

F: Dulu selama kuliah kamu punya kegiatan apa lagi, baik akademik maupun non-akademik? 

A: Oh iya, sebelum menjadi mahasiswa tingkat akhir saya sempat menjadi asisten praktikum untuk beberapa mata kuliah seperti petrologi, petrografi, dan juga metode pemetaan geologi. 

Untuk organisasi saya aktif di BEM FMIPA UI periode 2017 – 2018 sebagai staf Departemen Olahraga. Saya juga ikut di Himpunan Mahasiswa Geosains (HMGS) selama dua periode (2017-2018 dan 2018-2019) pada divisi pembinaan dan kaderisasi, baik sebagai staf maupun wakil kepala divisi. Beberapa project juga pernah saya jalani, dimana saya menjadi Project Officer MABA CUP FMIPA UI 2018 dan juga Manager of Fundraising GECO 2019 (AAPG UI Student Chapter). 

Untuk lomba saya juga pernah mengikuti beberapa lomba salah satunya adalah Geosmart yang diadakan di lingkungan Geofisika FMIPA Unpad dan mendapatkan juara ke-3

F: Ada pesan untuk mahasiswa yang masih fokus dengan perkuliahannya? 

A: Pesan saya ada tiga: 

  1. Maksimalkan waktu dan kesempatan yang dimiliki, karena kesempatan akan jarang datang dua kali 
  2. Untuk mahasiswa yang belum bisa ke lapangan, jangan putus asa. Manfaatkan metode virtual yang sudah disiapkan oleh tim dosen untuk membantu kegiatan lapangan.
  3. Jangan menutup diri dan keluarlah dari zona nyaman kalian 

 

F: Baiklah Aldi, semoga persiapan wisudanya bisa dilancarkan ya. Selain dari itu semoga bisa segera mendapatkan pekerjaan seperti yang kamu cita-citakan. 

Demikian wawancara kita dengan Aldi. Semoga wawancara ini bisa menginspirasi yang lainnya dalam belajar dan menyelesaikan skripsinya.