Geologi dan Teknik Geologi dalam Seleksi CPNS

Pada pendaftaran CPNS tahun ini, terdapat total 108 lowongan dari 56 formasi untuk lulusan geologi dan teknik geologi di 5 sektor kementerian. Sektor kementerian tersebut antara lain adalah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (4 formasi, kebutuhan 5 orang), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (30 formasi, kebutuhan 63 orang), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (18 formasi, kebutuhan 32 orang), Kementerian Dalam Negeri (1 formasi, kebutuhan 2 orang), dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (3 formasi, kebutuhan 5 orang).

Hal yang menarik bagi lulusan Program Studi Geologi UI adalah, beberapa formasi di atas mensyaratkan lulusan S-1 Geologi dan bukan S-1 Teknik Geologi bagi pelamarnya. Contohnya adalah di 35 formasi di Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Kementerian Dalam Negeri. Artinya, lulusan geologi UI yang mendaftar di formasi-formasi tersebut tidak perlu bersaing dengan sarjana teknik geologi dari kampus lain. Hal ini tentu menjadi peluang bagi lulusan geologi UI untuk bisa membangun “dinasti” di lembaga kementerian terkait, mengingat sektor pertambangan sudah didominasi oleh lulusan teknik geologi dari kampus yang lebih tua.

Berbeda dengan lowongan formasi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang terbuka bagi pelamar lulusan geologi dan teknik geologi. Untuk lowongan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) justru dikhususkan untuk lulusan teknik geologi.

Perbedaan kebutuhan lulusan geologi dan teknik geologi ini harus menjadi pertimbangan kita saat memilih formasi. Perlu diperhatikan bahwa pelamar hanya dapat melamar 1 (satu) jabatan dalam 1 (satu) jenis formasi di 1 (satu) instansi pada 1 (satu) jenis seleksi. Perhatikanlah kuota kebutuhan di formasi yang akan kamu lamar dan pertimbangkan pula seberapa ketat persaingan untuk posisi tersebut.

Walaupun lulusan geologi UI di beberapa lowongan formasi tidak perlu bersaing dengan lulusan teknik geologi universitas lain, perlu diingat bahwa kita tetap harus bersaing dengan lulusan lain dari bidang non-geologi.

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS kembali dibuka tahun ini. Tahap pendaftaran seleksi sudah dibuka dari 30 Juni 2021 sampai 21 Juli 2021 nanti. Pendaftaran dilakukan secara online di laman https://sscasn.bkn.go.id/ dengan cara membuat akun dan melengkapi dokumen administrasi di laman tersebut. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 28 – 29 Juli 2021.

Secara singkat, alur pendaftaran CPNS tahun ini dibagi ke dalam 6 tahapan, yaitu daftar akun, daftar formasi, seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), seleksi kompetensi bidang (SKB), dan pengumuman kelulusan.

Penulis: Elisha Christy (Geologi 2016)